Jodoh

No comment 780 views
Jodoh,5 / 5 ( 1votes )

>>>Hari itu 9oktober 2008, 9 hari setelah lebaran. sy dan keluarga bergerak dari Medan. Tujuannya Kotabumi-Lampung Utara.

>>>Karena jalan darat dengan mobil pribadi, perjalanan diperkirakan ± 2hari 2malam.

>>>Ngapain? Mau nikah! 🙂

>>> Waktu itu sy bayangkan,ini akan jadi perjalanan paling seru seumur hidup. Mau nikah harus touring pulau Sumatera dulu.

>>>Kami pakai mobil kijang kapsul. Gak layak untuk touring sebenernya. Lumayanlah. Daripada nunggu crv. Kelamaan

>>>Drivernya sy & ayah. Kami semua ada 7org. Sy, ayah, mama, adik sy, uwak sy, tante+suaminya. Lengkap dgn tas,bekal dll.

>>>Bisa bayangkan bagaimana “nyaman”nya duduk di mobil itu?

>>>Tgl 9 Oktober itu kami bergerak. Menyusuri lintas timur pulau sumatera. Melewati puluhan kota-kota kecil di beberapa provinsi.

>>> Hampir setiap 4jam perjalanan kami berhenti di SPBU. Isi bensin sekaligus meluruskan pinggang yg udah gak jelas bentuknya.

>>>Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah, membelah hutan. Bikin produksi adrenalin meningkat tajam.

>>>Kalo lg nyetir pas jam3 sore,matahari di sblah kanan, tpaksa pake manset panjang. Gantung handuk di kaca biar ga kesorot matahari

>>>Udah kayak sopir bus lintas sumatera dah tampilannya. Nyetir pake singlet doang. Bonus bau keringet, untung harum.

>>>AC sengaja ga dipake biar irit bensin dan supaya gak ngantuk pas nyetir. Resikonya keringat meleleh kena hawa panas.

>>>Ayah sy sempat dapat cerita horor sblm berangkat. Ada temannya yg jalan darat Medan-Bandung, yg harusnya cuma 3hari jd 5hari

>>>Sisa 2harinya, mereka berputar-putar tak tentu arah. Masuk ke alam ghaib kata mereka. dimulai saat mereka makan di rumahmakan.

>>>Temen ayah sy ini berdua. Laki-laki. Saat makan,yg satu bertanya. “Kau makan apa itu?”, “makan ikanlah..” Jawab satunya.

>>> Padahal yg satu ini melihat,bukan ikan yg dimakannya. Entah apa. Banyak belatungnya. Sejak itu banyak kejadian yg aneh katanya.

>>> Mobil selalu bau amis darah kata mereka,selalu ada bunyi kerincing2. Yg satu lihat ada truk,satu nggak.

>>>Kadang dia ngerasa nyetir minibus, padahal yg mereka bawa adalah sedan. Orang yg ditemui dipanggil ga ada yg dengar. Dll

>>>Hingga akhirnya mereka nanya ke orang, “tanggal brapa ini?” Jawabannya mengagetkan. Krn harusnya mrka sudah sampai tujuan.

>>> Selama 2 hari,mrk ga tau ada dimana. Entah gimana juga mereka akhirnya bisa “selamat” dari kejadian itu.

>>>Nah,sejak mendengar itu, ayah sy sangat waspada. Gak mau berhenti makan di restoran yg sepi & kecil.

>>>Pendengaran ayah sy jd sensitif kalau ada suara yg mirip kerincing langsung brtanya, “apa itu?” 😀

>>>Tiap makan,kita selalu saling bertanya sambil ketawa, “ini ikan kan?”, untungnya jawabannya selalu sama. 😀

>>> Di Palembang, mobil sempat bermasalah sedikit. Masuk bengkel. Tapi tak terlalu serius. Tak lama,kita jalan lg.

>>>Singkat cerita, sampailah kami di Kotabumi,lampung utara. Finally.. Fiuuh..!

>>>kulit gosong, muka kucel bin dekil. Setelah menaklukkan lintas timur pulau sumatera. Ini rute tersulit bagi sopir bus.

>>>Belum dianggap bisa nyetir kalay blm lewat lintas timur pulau sumatera ini. Treknya pendek, tapi mengerikan!

>>>Padahal,besok harus berhadapan dgn calon mertua. Utk merebut anak gadisnya.

>>>Dan..hari H. Pernikahan itu berlangsung haru. Nyaris tak ada seorangpun yg tak meneteskan air mata saat ayah sy berikan sambutan.

>>> Perjuangan berakhir? Belum. Lusa setelah akad nikah&resepsi. Istri langsung diboyong ke Medan. Krn ada acara juga di Medan.

>>>Petualangan dimulai lg!

>>> Saat ngobrol dgn ayah sambil bentang peta sumatera, kita sepakat akan ambil jalur lebih santai. Lintas tengah.

>>>Treknya tak se-ganas lintas timur. Malah akan banyak pemandangan memukau di lintas tengah.

>>>Diantaranya danau singkarak, danau maninjau di padang & danau toba di parapat. Hanya lebih jauh saja sedikit.

>>>Setelah pamit & acara nangis2an lg. Kami meluncur. Sy duluan nyetir. Penumpang bertambah 1org. Duduk makin “nyaman”.

>>>Perjalanan biasa saja. Aturan pergi masih dipakai saat pulang. Gak makan di restoran kecil & sepi. Ngerriii..

>>>Kami baru meninggalkan padang,masuk ke tapanuli selatan. Lalu Kami sampai di daerah tarutung. Tapanuli utara.

>>>Disini cerita serunya, ada jalan amblas. Truk & mobil jalan sangat perlahan krn jalan yg licin & bergelombang. Lambat sekali.

>>>Setelah lewat jalan itu. Semua bersyukur. Sy berkomentar, “kalo gak gitu gak seru. Gak ada tantangan”

>>>ayah sy marah. “Istighfar”kata beliau. “Jangan takabbur begitu!” Sy nyengir. Sombongnya masi gede banget dulu.

>>>Dan..setelah jalan sekitar 10km dari jalan amblas tadi, mobilnya mogok sodara-sodara! Dan yg lebih seru, itu ditengah hutan!

>>>Untungnya pagi. Skitar jam9. Sebenarnya ada rumah penduduk. Tapi jarak rumah satu dgn lainnya,sangat berjauhan.

>>>Kap mesin dibuka. Semua mulai coba utak-atik mesin. Sy yg gak ngerti mesin nonton aja. 😀

>>>Sebenernya yg lain juga gak ngerti mesin. Cuma, masa iya pada nonton doang gak ada usaha :).

>>> Mama & uwak sy, bergerak cari bantuan ke penduduk terdekat. Kebetulan ada bengkel..tapi bengkel motor.

>>>Si montir motor ini mulai otak-atik. Tapi tak berhasil juga. Ada truk lewat diberhentiin. Si montir minta tolong ke sopirnya.

>>>Si sopir mulai utak atik,tapi tetep ga ngaruh. Mobil tetap diam seribu bahasa.Tak keluarkan suara apapun.Blm ketahuan masalahnya.

>>>Hampir 4jam mobil diutak-atik tapi nihil. Hasilnya, mobil di tarik pakai truk. Semua naik ke atas truk, kecuali ayah sy di mobil.

>>>Mobil di tarik ke arah jalan amblas tadi. Mundur 10km. Kami menikmati terik matahari di atas truk. Jadi ikan panggang!

>>>Saat itu jam12 siang! Dengan perut kosong. Kelaparan sambil bermandikan sinar mentari siang bolong. Sensasinya emejing!

>>> Sekitar 1jam di derek, sampailah di bengkel mobil. Mobil disimpan di bengkel, sebagian kabur ke rumah makan sebelah bengkel.

>>>Montir mobil di bengkel itu menghampiri kap mobil yg sudah terbuka. Melihatnya sebentar,lalu ditinggalnya pergi!

>>>Nyebelin kan,bukannya langsung di benerin, malah ditinggal pergi. Untung sy udah didepan ikan bakar 😀

>>>Siang itu kami makan enak, ikan bakar, daun ubi tumbuk khas tapanuli. Makin nikmat krn sedang kelaparan level 10.

>>> Tau apa yg dilakukan si montir pada mobil kami? Dia mengambil palu, lalu mengetok di satu bagian mesin. Dan.. Brrmmm! Sakti!

>>>Perjalanan dilanjutkan menyusuri tanah tapanuli. Malam kami sampai di danau toba. Sekadar lewat. Krn mengejar waktu.

>>>Jam12 malam kami sampai di Medan. Alhamdulillah bisa sampai dgn selamat.

>>> Perjalanan menjemput cinta penuh cerita *tsaah* Unforgettable moment.

>>>Bagi sy cerita ini bisa diwakili kalimat, “takkan lari jodoh dikejar”

>>>Perjalanan Medan-Lampung itu bukan perjalanan mudah. Bila Allah berkehendak, kami alami kecelakaan waktu itu, sangat mungkin.

>>> Mobil tabrakan, atau masuk jurang, lalu sy tak jadi menikah, atau sy meninggal. Who knows?

>>>Tapi wanita itu memang ditakdirkan jadi jodoh sy. Jadi,apapun halangannya, PASTI jadi. Bila bukan, PASTI takkan jadi. Sederhana!

>>>.Maka,disitu letak kepercayaan kita padaNYA. Seberapa pasrah kita pada takdirNYA ?

>>>Kepasrahan kita selalu berbanding lurus pada ketenangan diri kita menjemput jodoh dariNYA.

>>>Bila dia memang jodoh kita, Allah akan “show the directions” agar penjemputannya sesuai rencana. Bila bukan,pasti sebaliknya.

>>>Sekian ceritanya. Yg blm,segera jemput. Yg blm ketemu, kirim data lengkap ke [email protected] *serius*

>>>Mudah-mudahan bisa jadi sarana pemjemputan jodoh dariNYA. Dgn cara yg halal nan barokah. InsyaAllah.

Suka dengan artikel ini? Dapatkan update terbaru melalui email:

author
Author: 
Nama asli saya..hmm..ah perlu disebutkan nggak ya? hehe.. Mengapa jadi Ki Jendral Nasution? Ah, jawabannya sederhana. Sekadar agar mudah diingat sesiapa yang menyebutnya. Saya lahir di Medan, beberapa puluh tahun lalu, dari keluarga dengan suku Mandailing. Dengan marga Nasution. Sejak kecil, nampaknya sudah menggemari aktifitas menulis & bicara. Sewaktu di Sekolah Dasar, pelajaran yang paling saya senangi adalah Bahasa Indonesia. Terutama ketika disuruh mengarang. Bagi saya, adalah sebuah keasyikan luar biasa, ketika bisa mengeluarkan apa saja yang ada di kepala, menjadi rangkaian kalimat yang punya makna.. Selengkapnya klik disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.