Forbidden Mental Block

No comment 534 views

>>>Kita sudah bahas, ada #MentalBlock negatif yg perlu dihindari oleh seseorang.Spt mengatakan sesuatu itu buruk,padahal blm tau apapun.

>>>Bila belum tahu,carilah informasinya. Agar tahu ttg sesuatu yg ingin diketahui itu. Buru-buru mencap jelek,ialah negatif

>>>Khawatirnya spt anak sy, sering dia bilang gak mau saat ditawarin makanan. Kita bilang,”coba dulu..” dia ngotot gak mau.

>>>.Giliran udah dicobanya, eh, dia ketagihan. “Enak mi..” katanya. Dia udah bikin #MentalBlock duluan, padahal belum dicoba.

>>>Kalau kata orang Sunda,”dipoyok dilebok”, udah ngotot gak mau,atau bilang jelek duluan, eh malah dikejar-kejar akhirnya.

>>>Jadi seprti yg sudah pernah kita obrolin, biasa sajalah suka/tak suka sesuatu. Bisa jd kita akan alami sebaliknya.

>>>Rupanya perlu dibuat satu jenis #MentalBlock lagi. Kita berikan nama #FMB alias Forbidden Mental Block. Sebuah cara kerja pikiran..

>>>…yang dilarang keras utk coba dilakukan. Efeknya fatal. Karena #FMB akan berurusan dgn pahala & dosa. Surga & Neraka.

>>>Ada 2 urusan yg masuk kategori #FMB. 1.Keimanan pada Allah, dan 2.Keimanan pada Rasulullah. 2 urusan yg begitu sakral.

>>>Kita bahas satu-satu.. #FMB

>>>Ada sebuah pertanyaan, bila anda adalah seorang manajer di perusahaan, lalu anda mendelegasikan sebuah pekerjaan pada bawahan..

>>>Anda punya 2 pilihan sikap,kan? 1.percaya 100% padanya. 2.anda ragu-ragu memberikan tugas itu. Kira-kira anda pilih mana?

>>>Sy akan jawab, “tergantung kualitas orangnya..” Bila bagus kualitasnya, cekatan,cerdas, tekun,tentu sy akan percaya 100%

>>>Nah,saat kita alami suatu masalah yg sangat berat, lalu kita pasrahkan pada Allah. Cuma masalahnya, kenapa kita masih khawatir?

>>>.Saat kita telah serahkan urusan kita padaNYA, lalu masih juga khawatirkan hasilnya, bukankah saat itu kita sdg ragukan kehebatanNYA?

>>> Indikator benarnya keberserahan kita itu satu saja; hilangnya kekhawatiran kita tentang urusan yg telah kita serahkan padaNYA.

>>>.Bila kau dimintai tolong seseorang yg telah menyerah dgn pekerjaannya, tp orang itu masih saja tak percaya kau bisa. Apa perasaanmu?

>>>Bisa jadi kau akan berkata pada orang itu, “lu kerjain sendiri deh! Minta tolong tapi malah gak percaya!”

>>>Keraguan itu = memunculkan tembok mental utk berhenti melakukan sesuatu. Khawatir,adalah alarm emosinya.

>>>#MentalBlock inilah yg akhirnya merusak semuanya. Bila mempercayakan sesuatu padaNYA, ya sudah tak usah khawatirkan lg hasilnya.

>>>Bila sudah percayakan padaNYA, YAKINi saja,apapun hasilnya, adalah yg TERBAIK menurutNYA. DIA tak mungkin menzhalimi hambaNYA.

>>>Bila sudah berpasrah, berhentilah khawatirkan hasilnya sesuai/tdk dgn harapanmu. Mirip begini loh, “eh ini mau yg mana bajunya?”

>>>“Terserah kamu aja deh. Apapun pilihanmu aku terima..” Begitu kau berikan bajunya,dia komentar, “yaaah kok yg ini sih?”

>>>.Pengen nonjok gak sih? Katanya tadi terserah. Begitu dipilihkan, malah gak terima hasilnya. Maunya apaaaa?

>>>Brhentilah ngatur-ngatur Allah, brhentilah khawatir dgn segala kepasrahan pada Allah.Yakini saja, apapun keputusan Allah PASTI baik!

>>>DILARANG KERAS pakai #MentalBlock dgn segala keputusan Allah. #UdahTerimaAja. Gak usah pake protes. Allah itu MAHA BAIK !

>>>Dalam konteks perintah, DILARANG KERAS pakai #MentalBlock saat Allah berikan perintah utk beribadah padaNYA. #UdahTerimaAja

>>>Berhenti bersikap seperti orang israel di zaman nabi Musa yg kebanyakan nanya saat Allah berikan perintah. #UdahKerjainAja

>>>.Gak usah pake nanya, “kenapa harus shalat?” “Kenapa harus pakai jilbab?” “Kenapa ga boleh minum khamr?” “Kenapa gak boleh ini..itu?”

>>>Kalau Allah udah turunkan perintah, #UdahKerjainAja! Gak usah pake #MentalBlock nanya ini itu. Sikap kita “sam’an wa tha’atan”

>>>.”Dengar & Taati!” Begitu sikap seorang mu’min. Hanya orang munafik yg pakai #MentalBlock utk urusan tunaikan perintah Allah.

>>>.#UdahKerjainAja dulu. Nanti baru pikirkan sendiri,apa alasan Allah memerintahkan itu. Prinsipnya sederhana, Allah takkan bikin..

>>>..sebuah perintah yg luput dari nilai manfaat. Tak mungkin ada yg sia-sia ciptaan Allah itu. “Rabbanaa ma khalaqta haadza baatilaa..”

>>>Forbidden Mental Block ke-2, mari kita bercermin dari kisah Isra’ Mi’rajnya Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha..

>>>..Lalu dilanjutkan ke Sidhratul muntaha..ke langit. Seusai Rasulullah laksanakan perintah Isra’ Mi’raj, beliau SAW memberitahukan..

>>>..Kepada masyarakat Makkah tentang perjalanan beliau ini. Lalu kau tahu apa yg terjadi setelah beliau ceritakan?

>>>Orang-orang musyrik itu semakin saja menjadi-jadi menganggap Nabi Muhammad SAW orang gila. Bahkan,bberapa sahabat yg telah beriman..

>>>…kembali murtad mendengar Rasulullah menceritakan kisah perjalanannya. Salahkah? Secara #LogicalDecision itu manusiawi.

>>>Secara #LogicalDecision, cerita Rasulullah itu PASTI dan sangat WAJAR dianggap mengada-ada. Ceritanya gak masuk akal manusia normal!

>>>Kau bayangkan saja, bila kau hidup berusia 30 tahun di Indonesia tahun 1901. Lalu,ada orang yg bercerita begini…

>>> “Eh,tau gak! Tadi malam saya melancong,jalan-jalan dari Bandung sampai Medan, trus ke Malaysia loh! Seru bangeeet!”

>>>.Memangnya kau akan percaya dengan cerita orang itu. Ah,boro-boro. Kau & orang lain yg mendengar cerita itu,pasti menganggap orang..

>>>.. yg bercerita itu sedang ngelindur. Atau mungkin orang itu sakit jiwa. MUSTAHIL, ada orang di tahun 1901 yg bisa keluyuran..

>>>…Ke Bandung,Medan,Malaysia dlm waktu 1malam. Paling tidak,di tahun 1901,utk datang ke 3 tempat itu, butuh 1bulan naik kapal!

>>>Begitupun orang yg mendengar kisah Rasulullah itu. #MentalBlock mereka langsung terpasang. MUSTAHIL pikir mereka!

>>>Tapi,kita belajar dari seseorang yg tak memasang #MentalBlock atau gunakan #LogicalDecision nya sama sekali ketika mendengar itu.

>>>Orang mendatanginya, “Muhammad temanmu itu makin gila.Dia cerita tadi malam bepergian dari Masjidil Haram ke Aqsha lalu ke langit”

>>>Dengan santai ia menjawab, “benar Muhammad yg bercerita itu?”, “benar!”, “Bila Muhammad yg cerita,aku percaya! Bahkan, bila..”

>>> “..bila ia cerita yg lebih tak masuk akal lagi, aku akan tetap mempercayai ceritanya itu!”Jawabnya.Hingga ia digelari “Ash Shiddiq”

>>>Ya, Abu Bakar lah yg menjawab itu. Gelar “ash shiddiq” itu yg membuktikan kehebatannya mengelola #MentalBlock nya.

>>>Abu Bakar paham benar, dlm urusan ukhrawi atau ke-akhirat-an, apapun kalimat yg keluar dari lisan Muhammad SAW adalah BENAR.

>>>Bila Rasulullah bicara tentang urusan akhirat, tak secuilpun boleh dibantah! Apapun kekata beliau #UdahTerimaAja

>>>Namun,dlm urusan dunia, beliau sendiri yg membolehkan para sahabat memasang #MentalBlock dgn kekata beliau..

>>>“Antum a’lamu fii umuridunyakum..” Kalian lebih tahu dlm urusan dunia kalian. Terbukti,saat perang khandaq, beliau SAW membiarkan..

>>> ..Salman Al Farisi mengkritisi kebijakan Rasulullah menyoal tempat berkemah “Ya Rasulullah, ini wahyu kah,atau hanya pendapatmu?

>>>Karena argumentasi Salman saat itu #LogicalDecision banget, Rasulullah menerimanya dgn senang hati. Usulan yg brilian

>>>Dari sini kita belajar mengelola #MentalBlock. Mana informasi yg boleh dikritisi ( criticable), dan mana yg dilarang (forbidden).

>>>Jadi, selain 2 forbidden #MentalBlock itu, semuanya dibolehkan, beberapa bahkan wajib gunakan #MentalBlock utk tak tersesat.

>>> Selamat berlatih mengelola #MentalBlock, mana yg boleh dipasang mana terlarang. Good luck!

Suka dengan artikel ini? Dapatkan update terbaru melalui email:

author
Author: 
Nama asli saya..hmm..ah perlu disebutkan nggak ya? hehe.. Mengapa jadi Ki Jendral Nasution? Ah, jawabannya sederhana. Sekadar agar mudah diingat sesiapa yang menyebutnya. Saya lahir di Medan, beberapa puluh tahun lalu, dari keluarga dengan suku Mandailing. Dengan marga Nasution. Sejak kecil, nampaknya sudah menggemari aktifitas menulis & bicara. Sewaktu di Sekolah Dasar, pelajaran yang paling saya senangi adalah Bahasa Indonesia. Terutama ketika disuruh mengarang. Bagi saya, adalah sebuah keasyikan luar biasa, ketika bisa mengeluarkan apa saja yang ada di kepala, menjadi rangkaian kalimat yang punya makna.. Selengkapnya klik disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.