Bahasa Tubuh

No comment 551 views

>>>Ceritanya, sesaat setelah usai presentasi produk ke calon klien yg kelas kakap, sy & tim akan ketemu lg dgn calon klien yg kelas teri.

>>>Sy sengaja bikin kelas,supaya nanti setelah cerita, bisa bedakan dgn mudah, mana yg baru #level3 & mana yg sudah #level4.

>>>Yg atur janjian dgn klien kelas teri ini mas wahyu, rekan se-tim sy. Janjianlah di seberang gedung wisma barito pacific.

>>>.Kami berjalan menyeberang lewat jembatan penyeberangan. Si klien ini rupanya sudah menunggu di pinggir jalan.

>>> “Orangnya pakai jas hujan” kata wahyu ke saya. Sy mengangguk saja. Tak lama terlihatlah orang pakai jas hujan di sisi jalan.

>>>Setelah salaman & berkenalan, sy tersenyum. Karena tiba-tiba di kepala saya bunyi alarm dari EWS yg sy install di kepala.

>>> EWS = Early Warning System. Semacam sistem peringatan atas adanya suatu hal yg dianggap ancaman oleh pikiran sy. Tidit-tidit..

>>> Karena EWSnya baru sy update, jd makin canggih. Dia bisa ngomong setelah bunyikan alarm, “Bos..ada yg gak beres dgn orang ini!”

>>> Si klien mengajak kami ke sebuah warung bakso, mau makan bakso lah pastinya. Masa iya ke warung bakso mau berenang!

>>>FYI, Sy & seorang rekan se-tim lain,Amir, sama sekali blm pernah interaksi dgn si klien ini. Cuma wahyu yg berinteraksi.

>>>.Karena kami jalan kaki & si klien ini pakai motor, jadi dia duluan. Sambil jalan, sy rangkul Wahyu, sambil bilang begini..

>>> “Yu..perhatikan ya! Orang macam begini.. kalau sudah ngobrol selalu ingin me-LEADing..” Selalu bikin otoritas, agak egois dkk

>>> Komentar sy ini jelas terkesan sok tau banget. Krn sy baru 1 menit bertemu klien itu, dan baru sekadar salaman. Jd sotoy sekali!

>>> Tapi sy yakin banget. Soalnya EWS sy agak jarang errornya hahaha.. Rajin di update. jd kinerja mesinnya masih joss banget!

>>> Karena sudah azan magrib. Kami makan dulu di masjid..hehe.. Iya, soalnya di masjid orang2 lagi pada makan. Ada cara anak yatim gitu.

>>> Yg lain krn udah pada beres makan langsung ikut shalat. Sy masih menikmati lontong kari & sirup. Shalat boleh ntar kalo lagi makan

>>> Setelah beres makan, untung masih kebagian masbuk magribnya. Dilanjut Jama’ Isya krn sdg safar. Setelah beres kita k warung bakso.

>>> Di warung bakso, semua terbongkar tanpa sisa! Setelah duduk, tanpa tedeng aling-aling si klien bertanya begini pada kami..

>>> “kamu tadi siapa namanya?” Sambil jari telunjuknya menunjuk tepat ke arah jidat masing-masing dari kami.

>>> Hahaha..seumur-umur sy baru pertama ketemu orang, yg baru pertama kali ketemu, lalu dgn santai nunjuk jidat dan pakai kata “kamu”.

>>>Dan kecanggihan sopwer EWS sy langsung terbukti disini sodara-sodara! sy makin senyum-senyum aja. Selanjutnya udah bisa ditebak.

>>>Selanjutnya, 90% pembicaraan si klien inilah yg menyetir semua arah pembicaraan. Wakakak.. Sy jd pendengar & makan mie ayam! :))

>>> Dan sy utus si wahyu saja yg meladeni si klien ini nyerocos ngalor ngidul. Sy asik makan mie ayam sambil otakatik gajet ajah.

>>>Oya,FYI,si klien ini orang hebat loh! kenal dgn Gita Wirjawan, Marjuki ali & nama politisi lain yg gak sy dengar smua namanya. :)))

>>>.Dan ceritanya, dia juga ngajak kami di http://www.jebredmarketing.comΒ  supaya bisa sinergi dgn dia menyukseskan para calon kepala daerah πŸ˜€

>>> Oke,pertanyaannya simpel.. Kenapa EWS sy bisa ngasi alarm & info lengkap seakurat itu tentang si klien?

>>>Jawabnya juga simpel. Karena di #DataStorage pikiran sy, sy sudah pernah masukin data tentang BAHASA TUBUH alias

>>>Apa saja bahasa tubuh si klien yg dibaca oleh EWS sy, sehingga bisa bikin kesimpulan “ada yg gak beres dgn orang ini!” ?

>>>Oke gini kronologisnya; SATU-saat bertemu di sisi jalan,posisi si klien sedang bersandar di sebuah tiang besi,elevasi skitar 60-70Β°

>>> Eh bener ya,elevasi itu kemiringan? Ya itulah pokoknya ya. Posisi ini,lumayan bikin males utk bergerak ke posisi baru.

>>> Sehingga, dia menyambut kami dgn posisi masih bersandar. Ini kesalahan fatal pertama bagi EWS sy. Bagi sy,menyambut tamu itu penting

>>> Bagi sy,wajib hukumnya bertemu orang baru dgn senyum mengembang,badan menghadap sempurna & kepala yg sedikit ditundukkan

>>> DUA- cara klien sy ini bersalaman cukup bikin EWS sy bete. Dia sedang menjabat tangan sy, tapi wajahnya melihat ke orang lain. FAIL!

>>> Ini rangkaian ya dgn poin SATU. Bahwa gerak tubuh utk menyambut seseorang hingga menjabat tangannya harus menunjukkan ANTUSIASME!

>>>Antusiasme itu efektif utk menunjukkan rasa hormat pada seseorang. Apalagi itu adalah orang yg baru pertama bertemu.

>>>TIGA – saat menjabat tangan sy, dia bertanya siapa nama sy. Hebatnya dia bertanya nama saya pada si Wahyu. Unik kan? :))))

>>> Saat itu, sisi bandit dalam diri sy pengen teriak ke wajahnya. “Eh,brur!gue disini brur. Nanya nama ke gue! Napa ke orang laen?!” πŸ˜€

>>>EMPAT – Gaya berjalan. Sy sempat perhatikan sekilas. yg ini agak sulit dijelaskan.. Karena mesti diperagakan πŸ˜€

>>>Yg pasti, gaya berjalan seperti klien sy itu diidentifikasi oleh EWS sy sebagai orang yg punya #MentalBlock segede badak!

>>>Kenapa EWS sy mengidentifikasi begitu? Karena sy dulu PERNAH punya gaya jalan yg begitu..wkwkwk. Jd EWS sy udah sensitif πŸ˜€

>>> Oya, utk poin DUA. Kalau ingin tau gaya salaman yg sy senangi, masuk ke yutup. Trus search “Obama Body Language” itu keren!

>>> Itu beberapa bahasa tubuh klien sy yg berhasil diidentifikasi EWS sy. Dan rupanya tingkat akurasinya mencapai 99% hehe..

>>> WARNING! Mohon tidak membuat generalisasi bahwa gerak tubuh seperti klien sy itu pasti bermakna sama pada setiap orang ya!

>>> Dan bagi saya, tak perlu dihapalin ya, kalo gerak begini berarti begini, kalo begitu artinya gitu. Capek ngapalinnya!

>>>Saran sy,kita semua punya EWS gift dari Allah. Latih saja sensitifitas EWS itu. Supaya dia bisa lebih efektif mengidentifikasi.

>>>Oke segitu dulu ya sekilas obrolan bahasa tubuhnya. Kapan-kapan lanjut lagi obrolannya.. πŸ™‚ monggo kalo mau diskusi

Suka dengan artikel ini? Dapatkan update terbaru melalui email:

author
Author: 
Nama asli saya..hmm..ah perlu disebutkan nggak ya? hehe.. Mengapa jadi Ki Jendral Nasution? Ah, jawabannya sederhana. Sekadar agar mudah diingat sesiapa yang menyebutnya. Saya lahir di Medan, beberapa puluh tahun lalu, dari keluarga dengan suku Mandailing. Dengan marga Nasution. Sejak kecil, nampaknya sudah menggemari aktifitas menulis & bicara. Sewaktu di Sekolah Dasar, pelajaran yang paling saya senangi adalah Bahasa Indonesia. Terutama ketika disuruh mengarang. Bagi saya, adalah sebuah keasyikan luar biasa, ketika bisa mengeluarkan apa saja yang ada di kepala, menjadi rangkaian kalimat yang punya makna.. Selengkapnya klik disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.