Placenta Previa & Hypnosis

6 comments 2249 views

 

Saat kehamilan anak kedua saya, Falisha Shillan Salsabila Nasution, istri saya mengalami placenta previa . Tertutupnya jalan lahir oleh plasenta. Saat itu plasenta-nya menutup jalan lahir secara total. Alias nggak ada celah sama sekali.

Kaget? Pasti lah. Karena waktu kehamilan anak pertama nggak ada masalah apapun. Lancar jaya.

Yang lebih mengagetkan lagi, konon katanya yang mengalami placenta previa  itu adalah ibu hamil yang kurang gizi! Nyakitin perasaan banget kan? Masa saya dibilang nggak bisa ngasi makanan bergizi untuk istri? 😀

 

Kita punya dokter favorit untuk urusan persalinan. Langganan. Namanya dr.Delle. Dokter ini memang terkenal sebagai dokter yang paling sabar. Sangat pro lahiran normal. Hebatnya sang dokter, saat ketahuan placenta previa  itu beliau bilang, “Tenang, masih 5 bulan lagi. Masih bisa kita usahakan banyak cara.”.

Lumayan menghibur. Meski saya tau, kecil sekali kemungkinan untuk bisa lahir secara normal.

Sambil mikir nyari duit darimana ya untuk caesar ? 😀

 

 

Saat itu saya bilang ke istri, “Terlalu mudah bagi Allah untuk menggeser plasenta begini doang..”

Dan memang, entah kenapa saat itu saya begitu yakin bahwa ini akan baik-baik saja & lahiran normal. Keyakinan itu penting.  Keyakinan kita, akan diakses oleh Allah SWT sebagai prasangka kita padaNYA. Lalu, Allah akan menyesuaikan takdirNYA dengan apa yang kita yakini.

 

Sejak itu, saya geber ikhtiar untuk menggeser si plasenta ini.

Ada 2 hal yang paling saya fokuskan waktu itu ;

1. Hypnosis

2. Suplemen high protein.

 

 

Sejak awal hamil, saya memang sangat ingin mendampingi kehamilan istri dengan hypnobirthing.

Apa itu hypnobirthing ? Hypnobirthing adalah proses persalinan yang dilakukan dengan metode hypnosis http://en.wikipedia.org/wiki/Hypnosis ).

Secara saya yang banyak ngajarin para bidan & dokter untuk belajar hypnobirthing. Masa istri sendiri kagak bisa lahiran pakai hypnobirthing ?

 

Dalam setiap kali hypnosis, saya minta istri ngobrol dengan Shillan yang masih di perut. Saya minta Shillan tendang-tendang plasentanya supaya jalan lahirnya terbuka..hehe.. Nggak masuk akal ya? Sekilas iya. Tapi faktanya, janin ternyata memang mampu mengakses apapun yang ada di luar perut. Suara apapun di luar perut bisa didengar oleh janin.

 

Hypnosis membuat keterhubungan antar ibu & janin lebih baik. Karena dalam kondisihypnosis, si ibu akan merasa sangat nyaman & mengalami penurunan gelombang otak yang mampu menciptakan program-program pikiran baru yang lebih mendukung persalinannya kelak lebih mudah.

Dalam kasus ini, sebenarnya saya lebih yakin bahwa cara kerja bergesernya si plasenta itu disebabkan sebuah prinsip dalam teknologi pikiran yang berbunyi begini: mind & body are one system, and affect each others. Tubuh dan pikiran itu satu sistem, dan saling mempengaruhi yang satu dan lainnya.

 

 

Tubuh kita dikendalikan oleh otak. Otak punya software yang bernama pikiran. Sederhananya, apapun yang dipikirkan oleh pikiran, maka itu pula yang akan terjadi pada tubuh. Jika pikiran memerintahkan “A” pada tubuh, maka tubuh akan mengikuti perintahnya untuk melakukan “A”.

Pada dasarnya wanita hamil seharusnya bisa melahirkan (maaf) seperti kucing. Kapanpun & dimanapun. Tanpa bantuan siapapun. Persis seperti fenomena persalinan ibu hamil di Afrika. Mereka baru berhenti beraktifitas saat sudah waktunya melahirkan. Tanpa bantuan siapapun. Mereka tinggal mencari posisi yang nyaman, lalu mulai mengejan. Dan lahirlah bayinya! Sesederhana itu!

 

Lalu apa yang membuat para wanita sulit melahirkan? jawabannya : Mind Set.

Anda yang wanita, coba ingat-ingat… sejak kecil sampai sekarang, seberapa sering mendapat informasi dari ibu, saudara, tetangga dan sebagainya, bahwa melahirkan itu SAKIT ? Pasti sering banget kan? belum lagi berita di TV, film, sinetron dll. Semuanya membentuk mind set yang mengatakan bahwa melahirkan itu menyakitkan.

Karena sudah ada program di pikiran bahwa melahirkan itu susah, sakit, nggak enak dan lainnya, maka begitulah yang terjadi saat melahirkan.

 

Itu pula kenapa ada banyak penyakit fisik semacam maag, atau bahkan yang berat seperti kanker, dipicu oleh kesalahan perintah yang diberikan pikiran. Karena sebabnya pikiran, maka di barat sana, mereka mendampingi perawatan pasien kanker juga dengan terapi pikiran. ( http://www.cancerresearchuk.org/cancer-help/about-cancer/treatment/complementary-alternative/therapies/hypnotherapy )

 

Kembali ke cerita…

Nah, ketika periksa di usia kehamilan 8 bulan, kata dokter, “Wah, udah lumayan terbuka nih..semoga bisa normal ya..”

Saya & istri makin semangat.

Kencengin lagi ikhtiar & doanya.

Sambil pasrahkan apapun hasilnya.

 

 

Pas 9 bulan, singkat cerita, alhamdulillah jalan lahir sudah terbuka sempurna. Plasenta sudah pada tempatnya. Setelah dokter datang pas mau persalinan, nggak nyampe 5 menit langsung lahir. Alhamdulillah..

 

 

Nah, anda seorang ibu, calon ibu, ayah atau calon ayah?

Mungkin perlu menghayati cerita ini.. 🙂

 

Salam hamil

Eh…

 

Ingin berbincang dengan saya di twitter? sila berkunjung ke @JendralGagah

Suka dengan artikel ini? Dapatkan update terbaru melalui email:

author
Author: 
Nama asli saya..hmm..ah perlu disebutkan nggak ya? hehe.. Mengapa jadi Ki Jendral Nasution? Ah, jawabannya sederhana. Sekadar agar mudah diingat sesiapa yang menyebutnya. Saya lahir di Medan, beberapa puluh tahun lalu, dari keluarga dengan suku Mandailing. Dengan marga Nasution. Sejak kecil, nampaknya sudah menggemari aktifitas menulis & bicara. Sewaktu di Sekolah Dasar, pelajaran yang paling saya senangi adalah Bahasa Indonesia. Terutama ketika disuruh mengarang. Bagi saya, adalah sebuah keasyikan luar biasa, ketika bisa mengeluarkan apa saja yang ada di kepala, menjadi rangkaian kalimat yang punya makna.. Selengkapnya klik disini
  1. author

    arasyanti3 years ago

    Salam kenal jenderal. Saya harap jenderal bisa menolong saya. Saat ini hamil anak ketiga usia kehamilan 28 minggu. Bbrp hr yg lalu saya flek dan dokter memvonis plasenta previa total. Pilihannya menyakitkan. Kl pndarahan terus bayi hrs dikluarkan. Adakah hypnoterapis daerah tangerang yg bs sy datangi?

    Reply
    • author
      Author

      JendralGagah2 years ago

      Aduh maaf, saya baru menyadari ada komentar di postingan ini. Bagaimana kehamilannya mbak? Bisa chat dengan saya via whatsApp ya di 081250066099.

      Reply
  2. author

    chacha3 years ago

    Hi there, saya senang membaca postingannya, saya ibu hamil dg kondisi PP total juga, dan tertarik dengan metode healing pp dg hypnosis dan suplemen high proteinnya, boleh sharing lbh banyak via email saya? Thanks b4

    Reply
    • author
      Author

      JendralGagah2 years ago

      Aduh maaf, saya baru menyadari ada komentar di postingan ini. Bagaimana kehamilannya mbak? Bisa chat dengan saya via whatsApp ya di 081250066099.

      Reply
  3. author

    Novi2 years ago

    Nemu blog jenderal gagah jd lebih motivasi buat si adik bayi geser mainannya

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.