Mitos Personality

No comment 561 views

>>> Dari mbak Florence Littauer kita kenal ada 4 pembagian kepribadian. Di bukunya Personality Plus,mbak Florence menjelaskan dgn detil.

>>>Saya boleh ceritakan ulang ya ke 4 jenis kepribadian itu? Mereka adalah ; koleris, sanguinis, melankolis, & plegmatis.

>>>Koleris ialah mereka yg senang mendominasi pembicaraan, kuat, agak egois, pemimpin sejati, keras, tak terlalu butuh teman..

>>> ..tegas, disiplin, punya keinginan yg kuat, senang berkompetisi, ngotot, ingin selalu jadi pengambil keputusan, dan sejenisnya..

>>>Sanguinis,ialah mereka yg senang bicara,senang keramaian, selalu meramaikan suasana, have fun, berpikir tanpa kotak..

>>>Melankolis,ialah mereka yg rapi pada penempatan, sistematis, detil pada sesuatu yg kecil, sangat tertib, perfeksionis,agak lambat.. 

>>>Plegmatis,mereka yg selalu senang menyendiri,santai, slow motion, damaaaaai, gak banyak omong, deep thinking,tak antusias,skeptis..

>>>Dengan ini,mbak Florence memberikan kita penjelasan lengkap, kita ada dimana, siapa kita, apa kelebihan & kekurangan kita. Komplit.

>>>Sayangnya,ada efek negatif yg muncul akibat pembagian kepribadian ini. Tentu kita punya banyak cara utk memandang,kan?

>>>Efek negatifnya adalah adanya “klaim”;”gue tuh!”:p”nah,saya banget!””Sy ini koleris!””Tapi,sy kan plegmatis..””Saya sanguinis loh” dst

>>>Klaim ini akhirnya jadi semacam pembenaran,utk tak (merasa tak bisa) melakukan sesuatu yg sebenarnya bisa ia lakukan.Dgn dalih klaim. 

>>>“Sy tak mungkin bisa memimpin, sy bukan koleris..”, “sy sulit sekali bergaul,sy bukan sanguinis sih..” “Sy begini..begitu..karena..” 

>>>Bila diulang terus menerus dlm jumlah banyak,klaim-klaim semacam ini sesungguhnya MEMBAHAYAKAN! *CtrlA+ctrlU+ctrlB* catet!

>>>Masih ingat bahasan #InternalBelief? Pengulangan kata-kata dlm jumlah banyak itu mampu menjelma menjadi nilai dasar diri seseorang.

>>> #InternalBelief yg negatif ini, bila terus dipertahankan,akan segera menjadi#LimitingBelief, semacam tutup toples yg membuat.. 

>>>…Seekor jangkrik tak mampu melompat lebih tinggi karena mentok. #LimitingBelief memang keyakinan yg memBATASi kemampuan seseorang.

>>>.Uwak istri sy adlh korban dari klaim-klaim semacam itu.Dia selalu berkata, “sy ini orangnya memang sembrono,tak teliti,sembarangan..”

>>>Hampir pasti, setiap bertemu orang,dia selalu menyebutkan kalimat-kalimat sejenis itu. Sudah jadi #AutoPilot itu kalimatnya..

>>>Anda tahu hasilnya? Dia semakin sering kehilangan. HP,dompet,uang, perhiasan,motor bahkan mobil lenyap dgn mudah hampir tiap bulan!

>>>Dia tak menyadari,semakin sering ia ulangi itu kalimat klaim, “saya sembrono..” Sesungguhnya dia sedang memerintahkan pikirannya..

>>>…Agar pikiran memerintahkan seluruh neuron di tubuhnya supaya melakukan semua hal yg menjadikan dia “sang sembrono sejati” ngeri! 

>>>Saat ia ulang kalimat2nya itu, sesungguhnya ia sedang berprasangka ttg dirinya, alu bukankah Allah SWT sesuai prasangka hambaNYA? 

>>>Dan sepertinya Allah lewat mekanisme kerja alam semesta ini mewujudkan “keinginan”nya utk menjadi seorang sembrono sejati

>>>Yg lebih bahaya,kesembronoannya ini akhirnya MENULAR ke semua anak-anaknya. Kok? Lha,ya tiap dia ngomong anak-anaknya ndengerin

>>>Anaknya baru kehilangan motor, gara-gara kunci motor menggantung saat ia parkir di minimarket. Kurang dari 5menit, it’s gone! 😀 

>>>Yg baru kehilangan motor ini, kemarin menjatuhkan laptopnya dari lantai2 rumah krn terlepas dari pegangan tangannya.Berkeping-keping!

>>>Kebetulan? Hahaha.. Unfortunately, tak ada yg namanya kebetulan di jagad raya ini. Semua ada sainsnya. Semua ada itung-tungannya

>>>Jika sempat, ikutlah #TrainingBackpackeran, kita buktikan disana semua yg dianggap kebetulan-kebetulan itu. 

>>>Maka berhentilah membuat klaim-klaim yg tak penting begitu. Mulailah melakukan&melatih sesuatu yg sebelumnya kita yakini tak bisa! 

>>>Kita belajar dari Umar & Abu Bakar menyoal mitos personality ini. 2 sahabat utama Rasul ini berkepribadian saling bertolak belakang. 

>>>Umar pribadi keras, tegas, beringas, bahkan setan pun segan padanya.Bila ia berjalan,setan akan ambil jalan lain,agar tak berpapasan. 

>>>Umar, koleris sekali. Selalu ingin memimpin. Egois,keras kepala, tak mau kalah,cerdas,kata-katanya sering mendahului wahyu..

>>>Sebaliknya, Abu Bakar, plegmatis sekali. Tenang, santai, lembut, cool, mudah menangis, “jangan angkat ayahku jadi imam..”Kata Aisyah

>>>“Selama masih ada yg lain” katanya. Karena setiap membaca Quran pasti ia menangis terisak. Lembut sekali karakternya.

>>>Peristiwa zakat itu,menunjukkan kehebatan mereka mengelola karakter & kepribadiannya,hingga tak terjebak dlm mitos kepribadian.

>>>Saat orang-orang itu tak mau membayar zakat, Umar berkata, “maafkan sajalah..mereka masih kerabat kita..masih shalat pula..”

>>>Dan kata Abu Bakar, “selama aku masih hidup,takkan kubiarkan ada manusia yg berani memisahkan zakat & shalat. Perang!”

>>>Mereka berbalik 180°. Umar melembut, Abu Bakar mengeras. Terlepas dari benar salahnya pendapat mereka. Mereka cerdas sekali! 

>>>Belajarlah dari mereka utk tak terjebak dlm mitos personality itu. Silakan meyakini kelebihan & kekurangan kepribadianmu. 

>>>Tapi berhentilah meyakini,bahwa kau tak bisa melakukan sesuatu karena menurutmu itu bukan kepribadianmu! Sepakaaaaat?

>>> You’re what you think & you feel. Dan Allah akan menyesuaikan kenyataan dengan apa yg kau pikir & rasakan itu! CtrlA+CtrlB 

:))

Suka dengan artikel ini? Dapatkan update terbaru melalui email:

author
Author: 
Nama asli saya..hmm..ah perlu disebutkan nggak ya? hehe.. Mengapa jadi Ki Jendral Nasution? Ah, jawabannya sederhana. Sekadar agar mudah diingat sesiapa yang menyebutnya. Saya lahir di Medan, beberapa puluh tahun lalu, dari keluarga dengan suku Mandailing. Dengan marga Nasution. Sejak kecil, nampaknya sudah menggemari aktifitas menulis & bicara. Sewaktu di Sekolah Dasar, pelajaran yang paling saya senangi adalah Bahasa Indonesia. Terutama ketika disuruh mengarang. Bagi saya, adalah sebuah keasyikan luar biasa, ketika bisa mengeluarkan apa saja yang ada di kepala, menjadi rangkaian kalimat yang punya makna.. Selengkapnya klik disini

Leave a Reply