Memahami Konsep Toward&Away Dua Sifat Dasar Manusia

No comment 470 views

Seperti yang kita tahu, manusia punya beragam karakter. Yang kita tahu karakter dibentuk oleh latar belakang keluarga, lingkungan, pendidikan, dan lain sebagainya..

Tapi,, manusia hanya mempunyai 2 sifat dasar, dalam bahasa “Self Development” kedua sifat ini biasa disebut dengan “TOWARD AND AWAY” apa itu???

>>> Manusia itu selalu mencari kesenangan (toward) dan menghindari kesengsaraan (away). Sama saja dong?? Benarkah?? Mari kita bedah!

>>>Suatu hari seorang penjual madu datang ke sebuah kantor, maksud hati ia hendak menawarkan sebuah madu ke karyawan di sana.

>>>Setelah meminta izin pada sekuriti, ia mulai menawarkan madu pada salah seorang karyawan disana. Ia mulai menjelaskan..

>>>…Keampuhan madu yg dijualnya. Diproduksi dgn teknologi tinggi, madu yg punya varian rasa buah, harga yg ekonomis,dll. 

>>>Setelah menjelaskan semuanya, sayangnya tak satupun karyawan disana yg membeli madu yg dijualnya itu. Ia pulang dgn lesu.

>>>Hari berikutnya,ada penjual madu lain yg datang ke kantor itu. Maksudnya sama; menjual madu.Setelah izin ke sekuriti ia mulai jualan. 

>>>“Oh,udah tau saya, baru dateng kemaren penjual madu ini. Mereknya sama..” Kata calon pembelinya. “Oh begitu ya?” Kata si penjual. 

>>> “bapak sedang pusing ya?” Tanya si penjual. “Iya,dari kemarin nih pusing ga hilang-hilang..ga tau kenapa.kok tau?” 

>>>“Wajah bapak terlihat pucat. Sprtinya itu anemia pak. Hati-hati pak,sebaiknya segera diseriusi,khawatir membahayakan..”Kata penjual.

>>>Lalu si penjual mengeluarkan gadgetnya *tsaah*, si penjual menjelaskan bahaya anemia dari internet,menunjukkan resiko terburuknya. 

>>>Si calon pembeli mengangguk-angguk mendengar penjelasan si penjual. Mukanya terlihat sangat serius. 

>>>.”Jadi begitu pak..” jelas si penjual. “Kalau dengan madu bisa membantu mas?” tanya si calon pembeli. “OH.YA TENTU PAK!” jawabnya.

>>>Singkat cerita,madu si penjual pun terjual 6 botol sekaligus! Karena ternyata banyak keluarga pembeli itu yg juga anemia.

>>>Pertanyaannya, apa yg membuat dagangan penjual pertama tak laku& dagangan si penjual kedua laku keras?Inilah bahasan Toward & away.

>>>Penjual pertama,menjelaskan dagangannya dgn pola ‘toward”, menjelaskan manfaat yg bisa didapat pembeli jika membeli madunya.

>>>Salahkah?tak salah.Hanya tak tepat sasaran. Calon pembelinya sbnarnya sudah tahu manfaat madu & sgala kelebihan madu yg dijelaskan .

>>>.Penjual kedua menjelaskan manfaat madunya dgn pola “away”, kurang lebih bahasa lainnya begini.

>>>”KALO GAK BELI madu yang saya jual, sakit bapak bisa MAKIN PARAH pak! Makanya cepetan beli !” kira-kira begitu bahasa lainnya

>>>Tak semua orang SEDANG mencari kesenangan, di urusan tertentu, seseorang bisa jadi hanya menghindari ketaknyamanan.

>>>Contoh lainnya biasanya dialami oleh emak-emak yang heboh anaknya sulit makan, padahal sudah segala macam cara dipakai.

>>>Sebagian besar masalah anak sulit makan itu justru ada pada orangtuanya yg tak tepat berstrategi memberi makannya.

>>>Anak saya dulu termasuk yg sulit makan. Alhamdulillaah sy paham konsep “toward-away”. Anak sy jadi heboh makannya.

>>>Sederhana,sy pahami dulu, anak sy tipe apa dlm soal makan. Toward kah? Atau away? Tinggal sy manfaatkan.

>>>Anak sy sngt terobsesi dgn skateboard waktu itu.Jadi itu yg sy manfaatkan. sy tinggal bilang, “Fa,mau cepet bisa main skateboard?” 

>>>”kalau mau cepet bisa main skateboard,berarti harus udah gede ya Fa?” >> “Kalo mau cepet gede, makannya banyak atau sedikit ya Fa?”

>>>Sy menghindari kalimat langsung, “harus banyak makan dong biar cepet gede!”, sy mau merangsang logika anak.

>>>Biar dia sendiri yg berpikir, kenapa dia BUTUH makan banyak. Dia perlu punya mindset, makan itu keBUTUHan, bukan keHARUSan.

>>>Apakah “toward-away”=”reward-punishment”? beda! toward-away bekerja “before action”, reward-punishment bekerja “after action” 

>>>Toward-away itu tipe motivasi,ia adalah alasan seseorang melakukan suatu aktifitas. Hanya saja,kontennya memang mirip.

>>>Ingat penjual madu pertama tadi? Ia hanya menjelaskan “toward”, alias keuntungan saat seseorang mengonsumsi madunya. 

>>>Padahal calon pembelinya bisa jadi tak terlalu merasa butuh dgn segala keuntungan itu. Sedangkan penjual kedua sebaliknya.

>>>Ini mirip dgn “iming-iming & ancaman”.Contoh ekstrimnya begini : seandainya kau diberi uang 500juta utk menyeberangi kedua gedung.. 

>>>…Di atas papan panjang yg menghubungkan kedua gedung itu, lebar papannya 20cm. Tapi tanpa pengaman. Mau? 500jt loh! Mauuu?

>>>Mungkin anda akan berpikir 10x utk melakukannya. Tapi pasti ada orang yg ga mikir 2x. Dia langsung ambil peluang itu.<~ ini toward.

>>>Kondisi lainnya,bos anda yg berkata, “kamu seberangi kedua gedung setinggi 100meter itu pakai papan, atau kamu sy pecat!

>>>Jika anda termasuk orang yg melakukan perintah bos anda itu, maka anda termasuk tipe “away” utk urusan itu.

>>>Begitu tahu tipe “toward-away” ini,tugas selanjutnya adlh melatih pilihan kita & bgmn mengucapkannya utk dapat hasil sempurna. 

>>>Pilihan kata yg tak tepat, tak mungkin ciptakan hasil yg diharapkan. Malah, salah-salah bisa jadi bumerang.

>>>Di training Hypnotic Negotiator, biasanya sy & peserta akan mendiskusikan pola bahasa yg sesuai tujuan. “bila begini,apa hasilnya?” 

>>>Bahasan ini,sepertinya juga akan jadi bahasan penting di #TrainingBackpackeran 10-13Juni mendatang

>>>.Bila belum mendaftar, segeralah mendaftar. Kuasai pola bahasa yg sesuai utk menggunakan “toward-away” dgn tepat.

>>>10-13 Juni, ada banyak sekali waktu untuk mengaplikasikan pola “toward-away” langsung kpada setiap org yg ditemui di jalanan 🙂

>>>Sekian dulu bahasan “toward-away”, nanti kita bahas pola bahasa lain yg memungkinkan anda jadi komunikator yg efektif.
>>>

Suka dengan artikel ini? Dapatkan update terbaru melalui email:

author
Author: 
Nama asli saya..hmm..ah perlu disebutkan nggak ya? hehe.. Mengapa jadi Ki Jendral Nasution? Ah, jawabannya sederhana. Sekadar agar mudah diingat sesiapa yang menyebutnya. Saya lahir di Medan, beberapa puluh tahun lalu, dari keluarga dengan suku Mandailing. Dengan marga Nasution. Sejak kecil, nampaknya sudah menggemari aktifitas menulis & bicara. Sewaktu di Sekolah Dasar, pelajaran yang paling saya senangi adalah Bahasa Indonesia. Terutama ketika disuruh mengarang. Bagi saya, adalah sebuah keasyikan luar biasa, ketika bisa mengeluarkan apa saja yang ada di kepala, menjadi rangkaian kalimat yang punya makna.. Selengkapnya klik disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.